Tugas 4
1.)
A. Harga
A. Harga
Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai finansial pada suatu produk barang atau jasa.
B. Promosi
Promosi adalah upaya untuk memberikan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikan angka penjualan.
C. Barang
Barang adalah suatu benda yang dapat dipegang atau dilihat baik yang merupakan hasil produksi ataupun yang berada di alam yang memiliki kegunaaan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
2.) Pengaruh harga bagi konsumen dalam melakukan pembelian
Masalah harga berkaitan dengan bahan baku yang merupakan hal terpenting dalam proses produksi. Semakin tinggi harga bahan baku maka semakin melunjak pula biaya produksinya. Dengan kondisi seperti ini produsen harus mencari inisiatif untuk menekan harga produksi. Hal ini menyebabkan banyaknya produsen yang memilih untuk menaikkan harga jual barang dagangannya. Tentu saja hal ini berdampak terhadap menurunnya tingkat penjualan karena konsumen enggan membeli barang dengan harga tinggi, karena pada hakikatnya konsumen selalu mencari harga yang paling murah. Sebaliknya jika harga bahan baku rendah, maka semakin kecil pula biaya produksinya, sehingga tejangkaunya harga barang oleh konsumen yang berdampak naiknya tingkat penjualan karena konsumen mampu membeli barang dengan harga murah dan terjangkau.
3.)
A. Pasar
Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Menurut ilmu ekonomi, pasar berkaitan dengan kegiatannya bukan tempatnya. Ciri khas sebuah pasar adalah adanya kegiatan transaksi atau jual beli. Para konsumen datang ke pasar untuk berbelanja dengan membawa uang untuk membayar harganya.
B. Nike dan Adidas
Kedua perusahaan peralatan olahraga tersebut bersaing satu sama lain dengan berusaha membuat produk yang memiliki kualitas yang baik, dilihat dari penampakan, keawetan dan kenyamanan saat pemakaian. Orang biasanya membeli kedua produk tersebut juga karena alasan kualitas produk yang sudah terjamin, walaupun harganya mahal. Manfaatnya untuk produsen dalam jangka panjang adalah mencapai keunggulan bersaing dari fokus ke luar dan berorientasi pada pasar. isu penting dalam pengembangan keunggulan bersaing meliputi, upaya menciptakan nilai konsumen, menjaga kepuasan konsumen, membangun hubungan jangka panjang
Comments